Panduan Gerakan Senam untuk Ibu Hamil dengan Posisi Bayi Sungsang

Panduan Gerakan Senam untuk Ibu Hamil dengan Posisi Bayi Sungsang
Panduan Gerakan Senam untuk Ibu Hamil dengan Posisi Bayi Sungsang

Senam hamil bukan hanya membantu ibu hamil saat melahirkan, tetapi dapat juga untuk memperbaiki posisi janin yang tidak semestinya, seperti sungsang. Banyak orang beranggapan bahwa bayi sungsang bisa diatasi dengan pemijatan, namun ternyata secara medis hal ini dapat menimbulkan dampak yang tidak baik bagi ibu dan bayi. Salah satu solusi yang aman untuk mengatasi posisi bayi sungsang adalah dengan senam hamil. Dalam artikel ini dibahas beberapa gerakan senam hamil untuk mengatasi posisi bayi sungsang agar posisinya normal kembali.

Knee Chest Position

Knee Chest Position merupakan posisi seperti posisi menungging ke arah samping. Saat melakukan gerakan senam ini jangan menekan perut terlalu kuat. Tahan selama 1 menit, atur dan tarik nafas yang dalam sebanyak 10 kali. Lakukan berulang-ulang sesuai kemampuan anda.

Berenang dapat bermanfaat supaya badan dan panggul lebih lemas dan rileks. Nantinya akan memudahkan anda dalam proses persalinan.

Yoga Headstand

Gerakan ini merupakan posisi yoga dengan kaki ada di atas (sebaiknya gerakan ini dibantu instruktur). Sebagai informasi, gerakan yoga headstand sebaiknya tidak dilakukan oleh ibu hamil penderita anemia atau hipertensi, dan hanya dilakukan oleh ibu hamil yang memang telah terbiasa melakukan gerakan yoga headstand.

Merangkak

Gerakan ini persis seperti kucing, diawali dengan gerakan merangkak, lalu secara perlahan-lahan ambil nafas, lengkungkan punggung seperti kucing saat tengah marah.

Yoga Downward Position

Gerakan senam hamil ini seperti gerakan merangkak, namun tubuh melengkung dengan posisi pantat sebagai puncak.

Belly Relaxing

Gerakan ini wajib dilakukan dengan suami atau keluarga anda yang lain yang memiliki tenaga yang lebih kuat. Tehnik senam Hamil ini dimulai dengan menempatkan selendang yang cukup panjang di bawah pinggul ibu waktu berbaring di lantai (sebagai alas). Lalu angkat kedua ujung kain serta gerakkan bergetar dari sisi ke sisi kain dengan tangan ke atas serta ke bawah sampai perut ibu hamil bergoyang. Untuk melakukan gerakan ini usahakan badan ibu hamil serileks mungkin, lakukan selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu lanjutkan dengan gerakan berlutut di tangga. Letakan posisi tangan di tangga bawah sedang lutut serta kaki ada di 2 atau 3 tangga yang lebih atas (hingga posisi kepala ada diatas). Pada posisi ini, suami menolong untuk menyokong bahu. Gerakan ini dilakukan selama 5-10 menit atau sesuai kemampuan ibu hamil.

Gerakan senam hamil untuk mengatasi posisi bayi sungsang baiknya dilakukan sebelum kandungan berusia 8 bulan, saat usia kandungan sudah memasuki bulan ke-8, ruangan rahim telah makin sempit serta ukuran badan janin yang telah jadi membesar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s